Tips Agar Mesin Genset Harga Genset 30 Kva Tidak Meledak

Harga genset 30 kva sangat beragam. Keberagaman tersebut dinilai dari jenis merk nya, tipe silent atau terbuka, dan masih banyak lagi. Secara rata-rata untuk genset 30 kva silent berkisar antara Rp 50 juta sampai Rp 100 juta. Kebutuhan genset dengan kapasitas yang besar ini yaitu 30 kva harus diperhitungkan dan disesuaikan dengan penggunaan listrik sehari-hari. Bukan hanya harganya saja yang mahal, namun biaya perawatan dan bahan bakar tentu harus masuk dalam perhitungan sebelum membeli genset 30 kva.

Membicarakan soal perawatan, genset atau generator set ini tentu memiliki beberapa hal yang harus diketahui. Bahkan ada kejadian terbakar dan meledak bisa menjadi salah satu kekhawatiran menggunakan genset. Sebelum mengetahui beberapa tips agar terhindar dari mesin genset terbakar dan meledak, kita harus tahu faktor yang menyebabkan hal itu terjadi.

Mesin genset yang terbakar atau meledak dapat disebabkan oleh konektor pada kabel aki yang kurang kencang atau ikatannya sudah longgar. Saat mesin dinyalakan tentu dinamo starter akan banyak membutuhkan arus yang sangat besar. Arus besar tersebut penyebab ledakan yang terjadi pada mesin genset. Ledakan biasanya terjadi di bagian atas saja namun api akan berjalan ke bawah sampai ke tempat penampungan bahan bakar dan terjadilah ledakan besar. Setelah mengetahui salah satu faktor kebakaran yang terjadi pada mesin genset, selanjutnya kita harus mengetahui tips untuk menghindari terjadi ledakan tersebut.

1. Gunakan Peralatan Standar SNI

Peralatan yang berstandar SNI memang sudah sering kita dengar, namun ternyata juga memiliki kualitas yang baik, terutama kabel listrik yang merupakan salah satu komponen yang ada pada mesin genset. Jika perlu tambahkan juga COS untuk memudahkan kapan anda menggunakan listrik PLN dan kapan menggunakan genset.

2. Jauhkan dari Barang Mudah Terbakar
Saat anda akan menyalakan mesin genset ataupun saat mesin genset sedang berjalan tentu lama-lama akan menghasilkan suhu yang panas. Maka dari itu, penyimpanan benda-benda yang mudah terbakar wajib dijauhkan dari genset. Lebih baik jika mesin genset disimpan di luar rumah dan menggunakan ruangan khusus yang memiliki ventilasi cukup untuk membuang gas yang dihasilkan oleh genset.

3. Pastikan Memiliki Alat Pemadam Kebakaran
Alat pemadam kebakaran ini sangat penting sebagai salah satu pertolongan dasar. Simpan alat pemadam kebakaran tidak jauh dari lokasi penyimpanan mesin genset yaitu sekitar 10 meter dari mesin genset. Selain memiliki alat ini, tentu anda juga harus bisa mengoperasikan atau menggunakan alat pemadam kebakaran.

4. Jaga Kebersihan Mesin Genset
Menjaga kebersihan genset juga menjadi salah satu cara agar mesin genset tidak mengalami kerusakan. Membersihkan mesin genset tidak hanya komponen bagian luarnya saja, beberapa bagian dalam seperti bahan bakar, tempat oli juga perlu dibersihkan secara rutin. Saat anda mulai membersihkan bagian-bagian mesin genset, disitulah anda bisa menemukan kerusakan dan dapat meminimalisir setiap kejadian yang tidak diinginkan seperti terjadi ledakan atau kebakaran. Misalnya seperti saat anda memberihkan tempat bahan bakar lalu menemukan kebocoran, ada baiknya mesin genset jangan dulu dihidupkan dan memperbaiki kerusakan tersebut atau jika anda tidak tahu bagaimana cara membenarkannya anda juga bisa menghubungi mekanik ahli untuk mengerjakan perbaikan mesin genset.

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghindari ledakan dan kerusakan mesin. Harga genset 30 kva memang cukup mahal namun jika disesuaikan dengan kebutuhan listrik anda tentu dapat memberikan banyak manfaat.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>